Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Lingkungan Bersih dan Nyaman Melalui Kegiatan Jumat Bersih (JUMSIH) Desa Cipancur

Lingkungan Bersih dan Nyaman Melalui Kegiatan Jumat Bersih (JUMSIH) Desa Cipancur

Jumat, 8 Agustus 2022

Kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) merupakan suatu kegiatan pembersihan lingkungan warga di Desa Cipancur. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap Hari Jumat dan secara bergiliran di masing-masing wilayah RT/ RW pada setiap minggunya. Kegiatan ini awalnya adalah program kerja dari Pemerintah Kecamatan Cibatu yang harus dijalankan oleh masing-masing pemerintah desa di Kecamatan Cibatu. Peserta dalam kegiatan Jumsih adalah para perangkat desa beserta dengan warga pada wilayah RT/RW setempat yang dijadikan lokasi Jumsih tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan ketika Jumsih adalah meliputi pemeliharaan tinggi rumput pada sekitar jalan raya dengan rutin dipotong, lalu pembersihan lingkungan dari sampah-sampah plastik ataupun sampah non organik, dan pemusnahan sampah-sampah tersebut. Tujuannya adalah agar lingkungan warga Desa Cipancur menjadi rapi, nyaman, bersih, dan tentunya terhindar sebagai sarang penyakit. Di samping membuat lingkungan bersih, kegiatan Jumsih juga memiliki fungsi lain yakni sebagai sarana dan wadah bagi antarwarga untuk saling berkomunikasi terutama dengan perangkat desa. Hal ini tentu dapat saling merekatkan hubungan dan silaturrahmi di antara masyarakat Desa Cipancur. Warga dapat saling bersenda gurau dan menikmati hidangan bersama ketika tiba waktunya istirahat. Tentu sebuah pemandangan yang sangat sulit ditemukan di wilayah perkotaan. 

Harapannya melalui program Jumat Bersih atau Jumsih adalah dapat terus menjaga kebersihan lingkungan di Desa Cipancur dan membantu menghindarkan masyarakat dari bahaya penyakit akibat sampah, di samping juga masyarakat harus ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan di wilayah Desa Cipancur. Ke depannya diharapkan Kabupaten Purwakarta dapat menjadi kabupaten terbersih di Indonesia melalui program-program mendasar di wilayah desa seperti ini.

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *