Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

KKN Desa Petani, STIES Indonesia Purwakarta

KKN Desa Petani, STIES Indonesia Purwakarta

Sabtu, 27 Januari 2024,

KKN di Desa Cipancur, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIES Indonesia Purwakarta berjumlah 13 0rang selama 1 bulan dari 22 januari s/d 25 februari 2024.

Penerimaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIES Indonesia Purwakarta digelar dengan lancar di Kantor Kepala Desa Cipancur. Acara tersebut dihadiri oleh  Kepala Desa Cipancur Bapak Ian Sahrudin, Para perangkat desa, Dosen pembimbing KKN, dan mahasiswa calon KKN.

Sambutan hangat Bapak Kepala Desa Ian Sahrudin menjadi tanda beliau menerima dengan baik atas kehadiran Sekelompok Mahasiswa STIES Indonesia Purwakarta di desa cipancur. Beliau menjelaskan masyarakat desa cipancur 80% petani,   hubungan antara mahasiswa dan Masyarakat haurs bisa terjalin dengan baik dan saling melengkapi satu sama lain. Bapak Ian Sahrudin juga mengapresiasi inisiatif mereka dalam memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat di Desa Cipancur Bapak Ian Sahrudin berharap kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat setempat akan menghasilkan dampak positif bagi Masyarakat, mampu berkolaborasi dalam membantu memberikan wawasan khususnya sektor ekonomi dan pertanian, selaras dengan jurusan yang diampu oleh mahasiswa STIES Indonesia Purwakarta yang akan melaksanakan KKN di Desa Cipancur.

Ketua Kelompok 8 KKN Desa Cipancur, Muhammad Reodi, menjelaskan “KKN ini adalah ajang mahasiswa untuk berkembang. Setelah mengenyam pendidikan secara formal, mahasiswa dituntut untuk bisa mengamalkan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada Masyarakat. Besar harapan kegiatan ini, bisa membangkitkan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan. Tidak hanya saat sedang melaksanakan KKN, akan tetapi setelah kegiatan berakhir, diharapkan semua mahasiswa bisa membagikan pengalaman dan wawasan yang sudah didapatkan dalam kegiatan KKN.”

Sesuai tema yang diangkat dari Kelompok 8 KKN Desa Cipancur yaitu “Membangun Masyarakat Cipancur yang APIK (Aktif, Peduli, Inovatif dan Kreatif). Berlandaskan tema tersebut, Kelompok KKN STIES Indonesia Purwakarta Desa Cipancur, membuahkan sebuah program kerja yang diantaranya adalah, Seminar Sosialisasi Kesehatan, Seminar Pengolahan Pupuk, Survey Produk UMKM Desa Cipancur, dan beberapa program lainnya yang tentu saja menyesuaikan dari kondisi masyarakat.

Besar harapan bahwa adanya Kegiatan KKN dan Pengabdian kepada masyarakat dapat menjadikan pribadi mahasiswa yang peka akan kondisi lingkungan sekitar, mampu memberikan contoh yang baik akan jati diri mahasiswa, dan melanjutkan program kerja dan berbagi pengalaman di daerahnya masing-masing.

 

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan ditampilkan. Harap isi semua yang bertanda *

Artikel Terpopuler